Thursday 13 December 2012

Tempat wisata di SULTENG Yang Menarik

Semua Tempat Wisata di SULTENG

1. PANTAI TALISE

Pantai Talise
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Pantai Talise terbentang sejajar mulai dari Jalan Raja Molli sampai Jalan Cut Mutiah, Kota Palu. Pantai Talise menyuguhkan panorama bahari yang sangat indah. Menjelang tenggelamnya matahari, Pantai Talise menghadirkan pemandangan matahari yang turun perlahan-lahan di balik Gunung Gawalise. Pemandangan indah itu mengundang banyak wisatawan untuk berlama-lama duduk di tepi pantai indah ini. Pada malam hari, Pantai Talise banyak dikunjungi wisatawan yang hendak menikmati kuliner khas Kota Palu.

2. MUSEUM SULAWESI TENGAH



MUSEUM SULAWESI TENGAH
Jl. Sapiri No 23
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Museum Sulawesi Tengah terletak di Jalan Kemiri No. 23, Palu Barat, Kamonji. Museum yang mulai dikelola sejak tahun 1975 ini memiliki 7.455 koleksi yang terbagi dalam beberapa kategori, yaitu antara lain koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, filologi, keramikologi, dan seni. Koleksi etnologi merupakan koleksi yang paling banyak, antara lain koleksi Upacara Daur Hidup, Meramu Sagu, dan Pembuatan Kain Kulit Kayu. Tiket masuk Museum Sulawesi Tengah ini cukup murah, yaitu Rp. 1.500,- untuk anak-anak, Rp. 3.000,- untuk dewasa, dan Rp. 10.000,- untuk wisatawan asing.


3. SOU RAJA
Sou Raja adalah rumah panggung yang merupakan peninggalan nenek moyang keluarga bangsawan Suku Kaili. Sou Raja bisa diartikan sebagai Rumah Raja, rumah panggung ini juga disebut Banua Mbaso. Di Kota Palu, Anda bisa mengunjungi Sou Raju di Kampung Lere. Sou Raja berbentuk rumah panggung yang ditopang dengan tiang-tiang kayu balok dari kayu ulin atau kayu bayan. Bagian atap rumah berbentuk piramida segitiga di mana bagian depan dan belakangnya ditutup dengan papan berukir dan dihiasi bangko-bangko.

4. MAKAM DATOK KARAMAH
Di Kampung Lere,Anda tidak hanya bisa menemukan Sou Raja.Di kampung bersejarah ini, Anda juga bisa mengunjungi Makam Datok Karamah. Datok Karamah dipercaya sebagai pembawa ajaran Islam pertama ke Sulawesi Tengah. Datok Karamah yang bernama asli Abdullah Raqie merupakan tokoh agama Islam dari bumi Minangkabau. Datok Karamah berhasil membawa Raja I Pue Njidi masuk Islam. Karena dianggap memiliki kesaktian, sampai saat ini banyak orang yang berziarah ke Makam Datok Karamah.

5.PANTAI TANJUNG KARANG

Tg.karang Donggala
Terletak sekitar 5 kilometer di utara Donggala merupakan kawasan pantai dengan pasir putih dan pantainya  yang sangat menyenangkan untuk kegiatan air seperti berenang dan snorkeling. Wisatawan yang datang ke tempat ini adalah mereka yang memang gemar dengan pasir pantai, air laut dan matahari. Lokasi wisata ini memiliki fasilitas akomodasi yang cukup lengkap dan sebagian besar penginapan di tempat ini menyewakan peralatan snorkeling.


1 comment:

  1. Daftar wisatanya lengkap, wah tambah referensi neh buat jalan-jalan ke palu.

    ReplyDelete