Thursday 20 December 2012

Kalahkan Nokia, Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia

KOMPAS.com — Empat belas tahun sudah Nokia memimpin pasar ponsel dunia. Namun, pada tahun 2012 ini, Nokia harus menyerahkan gelar tersebut kepada produsen ponsel asal Korea, Samsung. Pasar ponsel yang dikuasai Samsung ini mencakup semua jenis ponsel, baik feature phone maupunsmartphone.

Menurut hasil analisis dari lembaga survei IHS iSuppli, pada tahun 2012 ini, Nokia hanya berhasil menyumbang 24 persen dari pengiriman ponsel di seluruh dunia. Nilai tersebut secara signifikan turun dari angka 30 persen pada tahun 2011.

Sedangkan Samsung, berkat produk ponsel Galaxy S3, berhasil naik ke posisi pertama dengan nilai 29 persen, meningkat 5 persen dari tahun 2011 yang lalu. Prestasi ini dapat dikatakan sangat istimewa bagi Samsung karena ini adalah pertama kalinya bagi perusahaan tersebut menduduki posisi pertama.

Di posisi ketiga, terdapat Apple dengan nilai 10 persen, diikuti ZTE dan LG dengan nilai masing-masing sebesar 6 persen dan 4 persen.


Selain memimpin pasar ponsel secara global, Samsung juga berhasil menjadi pemimpin pasaran ponsel pintar (smartphone). Pada tahun 2012 ini, Samsung berhasil menyumbang 28 persen ponsel pintar secara global, meningkat 8 persen dari tahun 2012.

Di tempat kedua, Apple terus berupaya mengejar Samsung dengan perolehan angka 20 persen, hanya meningkat 1 persen dari tahun 2011.

Uniknya, selisih poin antara Samsung dan Apple terlihat semakin menjauh pada tahun 2012 ini. Apabila tahun 2011 hanya ada perbedaan 1 persen, maka di tahun ini sudah ada perbedaan sebesar 8 persen.

Menurut IHS, pengiriman smartphone dunia meningkat 35,5 persen pada tahun ini, sedangkan pengiriman ponsel hanya meningkat 1 persen. Dari angka tersebut bisa disimpulkan penetrasi darismartphone pada tahun ini adalah sebesar 47 persen, meningkat dari 35 persen pada tahun 2011 yang lalu.


Sumber. Kompas.com

No comments:

Post a Comment