Wednesday 19 December 2012

MASKOT PIALA DUNIA DARI 1966 - 2014 SEKARANG


1. World Cup Willie, Inggris 1966


Maskot pertama di dunia dalam sejarah sepak bola Piala Dunia adalah Willie. Willie juga menjadi subjek dari lagu Piala Dunia saat itu dan penjualan merchandise yang laku keras saat itu. Willie merupakan seekor singa, simbol Kerajaan Inggris, memakai kostum yang bergambar bendera Union Jack dengan tulisan "WORLD CUP" di tengahnya. Willie berhasil mendampingi Inggris sang tuan rumah menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.





2. Juanito, Meksiko 1970

Bagitu melihat maskot piala dunia kali ini, orang-orang pasti bisa langsung menebak bahwa Piala Dunia saat itu pasti dilangsungkan di Meksiko karena maskot tersebut menggambarkan seorang anak laki-laki memakai kostum Meksiko dan sombrero (topi khas penduduk Meksiko) bertuliskan World Cup 70 sebagai maskot mereka di Piala Dunia 1970. Maskot ini mempunyai nama kecil Juan, nama yang sering dipakai oleh orang-orang Spanyol.


3. Tip and Tap, Jerman Barat 1974


Dua bocah laki-laki yang memakai kostum dengan tulisan WM 74 ini mewakili Jerman Barat sebagai maskot pada Piala Dunia 1974. Tulisan WM dan 74 berasal dari kata Weltmeisterschaft 74 yang mempunyai arti Piala Dunia 1974. Sang tuan rumah berhasil menjuarai Piala Dunia saat itu dengan mengalahkan Belanda di final.





4. Gauchito, Argentina 1978
Mengikuti kesuksesan pendahulunya, lagi-lagi model anak laki-laki dijadikan maskot pada Piala Dunia 1978. Akan tetapi ada juga yang bilang bahwa Argentina kehabisan ide sehingga mengambil die dari maskot-maskot pendahulunya. Tidak jauh berbeda dengan Juanito di tahun 1970, Gauchito juga memakai kostum Timnas tuan rumah yakni baju biru putih khas seragam sepakbola Argentina dengan topi bertuliskan Argentina '78. Aksesoris yang dipakai maskot tersebut, syal dan cambuk, adalah ciri khas gauchos yang sangat mewakili wilayah Amerika Selatan.




5. Naranjito, Spanyol 1982

Spanyol berusaha membuat gebrakan baru dengan menggunakan buah sebagai maskot mereka. Buah yang dipilih oleh Spanyol adalah Buah Jeruk karena Buah jeruk merupakan ciri khas negara ini. Maskot mereka diberi nama Naranjito yang berasal dari kata naranja yang dalam bahasa Spanyol berarti jeruk.







6. Pique, Meksiko 1986

Ketika menjadi tuan rumah pertama kalinya Piala Dunia, Meksiko memakai maskot anak laki-laki, tetapi kali ini maskot Meksiko tampil beda. Kali ini mereka memilih cabe jalapeno (baca: halapenyo) karena makanan ini merupakan bahan utama untuk banyak makanan Meksiko. Cabe jalapeno tersebut tampil dengan memakai kumis dan kembali mengenakan sombrero. Nama Pique berasal dari picante, sebutan dalam bahasa Spanyol untuk paprika dan saus pedas.


7. Ciao, Italia 1990
Mungkin maskot ini yang paling unik dari maskot-maskot lain. Bentuknya terdiri dari batang-batang yang tersusun menyerupai pemain bola dengan kepala berupa bola. Sepertinya ide ini didapat dari game tetris yang lagi populer saat itu. Dihiasi 3 warna yang mewakili negara Italia, yaitu merah, putih dan hijau. Maskot tersebut dinamai Ciao yang merupakan salam yang biasa diucapkan warga Italia.






8. Striker, United States 1994


Seekor anjing, binatang peliharaan yang populer di Amerika Serikat. Dengan memakai seragam berwarna merah, putih dan biru bertuliskan USA 94, Amerika memberi nama maskot mereka Striker.






9. Footix, Prancis 1998
Seekor ayam jantan yang merupakan salah satu simbol nasional Prancis, di lengkapi dengan kata-kata France 98 di dadanya menjadi maskot yang mewakili Piala Dunia 1998 di Prancis. Tubuhnya sebagian besar berwarna biru dibuat sesuai dengan kostum Timnas Prancis yang juga berwarna biru. Kostum ini diberi nama footix yang berasal dari penggabungan kata "football" dan akhiran "-ix" yang diambil dari kata Asterix, komik strip yang terkenal terbitan Prancis. Sebelum dipilih nama "footix", ada beberapa nama pilihan lainnya yaitu nama "Raffy", 'Houpi" dan "Gallik" sempat diusulkan, namun akhirnya nama Footix lebih disukai karena memberi keberuntungan.



10. Ato, Kaz and Nik (The Spheriks), Korea - Japan 2002


Mahluk hasil rekayasa komputer yang berwarna orange, ungu dan biru ini sungguh futuristik. Mereka bertiga merupakan anggota tim dari "Atmoball" (olahraga sepak bola fiksi), dimana Ato merupakan pelatih sedangkan KAZ dan Nik merupakan pemain. Tiga nama tersebut adalah hasil dari polling pengguna Internet dan di outlet McDonald di negara-negara tuan rumah.



11. Goleo VI dan Pille, Jerman 2006

Setelah sekian lama absen dari piala dunia, singa kembali hadir sebagai maskot di tahun 2006, mengenakan kostum Jerman dengan nomor 06 dan diberi nama Pille. Goleo merupakan kombinasi dari kata "goal" dan "leo", kata Latin untuk singa. "Pille" adalah istilah bahasa sehari-hari untuk sepak bola di negara Jerman. Dan 06 merupakan singkatan dari tahun 2006.




12. Zakumi, Afrika Selatan 2010

Inilah maskot Piala Dunia terkini yang sedang berlangsung saat ini di Afrika Selatan. Zakumi adalah seekor leoparddan nama Zakumi mempunyai arti yang sangat dalam yaitu persatuan Afrika Selatan. Kata "Za" merujuk kepada Afrika Selatan. Sedangkan "kumi" memiliki arti sepuluh, merujuk kepada 10 bahasa yang digunakan di negara tersebut.



13. Fuleco,Brazil 2014

Akhirnya FIFA telah mengumumkan Fuleco sebagai nama resmi maskot untuk Piala Dunia 2014 di Brasil. Fuleco berarti saling mengingatkan tentang kesadaran lingkungan. Setengah dari 1,7 juta yang ikut bagian dalam polling online memilih Fuleco mengalahkan dua nama lainnya Zuzeco dan Amijubi.Maskot Piala Dunia 2014 sendiri berwujud armadillo, sejenis hewan omnivora yang banyak hidup di wilayah Amerika Selatan dan Utara. Di Brasil hewan ini sudah hampir punah.







3 comments:

  1. Replies
    1. Saya atas nama vina yunita dari aceh selaku konsumen y@ng sering order kamera di Sentra Digital Surabaya barang benar2 memuaskan siapa tau agan2 М̤̣̲̣̥̈̇@̤̥̣̈̊̇υ̲̣̥ beli kamera hub : 082313333937 PIN BB : 2B37C8e6

      Delete
  2. I've been trying to reach you 'Cause I got something to say But you're talking about just nothing at all And you're slipping away ... You make me feel, you make me real, For the rest of my days, in so many ways, You make me feel !!!
    Pengobatan kista indung telur
    Cara menghilangkan rasa perih di lambung
    Obat herbal jantung

    ReplyDelete