Tuesday 29 January 2013

BlackBerry Z10 siap tandingi iPhone 5


Platform BlackBerry 10 saat ini bisa dibilang belum mencapai tahap final. Bahkan, peluncurannya pun terhitung masih 8 hari ini. Meskipun begitu, bukan berarti salah satu perangkatnya, BlackBerry Z10, tidak bisa diadu dengan smartphone yang dianggap lawan seimbang: iPhone 5.

Dalam sebuah video yang dilansir di YouTube, BlackBerry Z10 diadu kompetensinya dengan iPhone 5 yang meliputi seluruh spesifikasi dan fitur-fitur di dalamnya, mulai dari ukuran layar hingga kapasitas baterai.

Pada ukuran layar, BlackBerry Z10 lebih unggul karena 0,2 inci lebih besar dibandingkan iPhone 5 yang 4 inci, begitupun jumlah piksel yang dimilikinya lebih baik, yakni 356ppi dibandingkan dengan 326ppi milik perangkat yang diusung Apple tersebut.
Video tersebut juga menunjukkan iPhone 5 kalah telak dari sisi kapasitas baterai yang dimiliki BlackBerry Z10, di mana perangkat RIM itu memiliki baterai removable 1.800mAh, sedangkan iPhone generasi ke-6 ini mengusung baterai non-removable 1.440mAh.
Untuk urusan voice assistant, lagi-lagi iPhone 5 dibuat tidak berdaya karena Siri memiliki masalah dalam merespon pesan, sedangkan BlackBerry Voice Control bisa meresponnya dengan baik dan lebih cepat.

Jika kamu ingin tahu lebih detil bagaimana proses komparasi antara keduanya, simak saja video berikut:Apakah dengan komparasi tersebut, BlackBerry Z10 benar-benar menang telak dari iPhone 5? 
Meskipun belum diluncurkan secara resmi, namun bocoran informasi tentang perangkat BlackBerry Z10 telah ramai diulas di berbagai situs teknologi. Kini muncul sebuah video yang diupload situs teknologi Jerman, Telekom Presse, yang coba membanding fitur dan kecepatan BlackBerry Z10 dengan iPhone 5.

Mungkin ini untuk pertama kalinya Anda dapat melihat bagaimana perangkat BlackBerry Z10 dengan software yang mungkin belum final bisa “mengungguli” salah satu smartphone paling populer saat ini, Apple iPhone 5.

Keunggulan lainnya adalah kapasitas baterai BlackBerry Z10 lebih besar, yakni 1800mAh, dibandingkan iPhone 5 yang hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1440mAh. Kelebihan lainnya, Z10 memiliki slot microSD yang tidak tersedia pada iPhone 5.
Yang tak kalah serunya adalah saat membandingkan fitur Voice Control di BlackBerry Z10 dengan Siri di iPhone 5 untuk mendikte teks email dan mengirimkannya. Di sini Siri harus mengakui keunggulan Voice Control, karena saat diuji, Siri tidak merespon perintah dengan baik. Sedangkan Voice Control bisa malakukannya dengan benar dan lebih cepat.

Sebagai perangkat yang multitasking, BlackBerry Z10 kembali bisa mengungguli kecepatan iPhone 5 saat coba digunakan untuk membuka satu aplikasi ke aplikasi lainnya, OS baru RIM ini hanya membutuhkan langkah yang lebih sedikit dibanding iOS.
Hal yang sama terjadi saat mencoba browser kedua perangkat ini. Video ini menunjukkan bahwa BlackBerry Browser lebih cepat daripada Safari Mobile. RIM sepertinya telah berhasil memenuhi harapan untuk bisa menghadirkan browser kelas dunia pada BlackBerry 10.

Fitur terakhir yang ditampilkan adalah BlackBerry Balance yang memungkinkan Anda untuk memiliki home page yang berbeda dan aplikasi untuk bisnis. Kedua fitur ini tidak dimiliki iPhone 5.
Semua keunggulan BlackBerry 10 yang ditunjukan dalam video ini memang belum pasti, sampai nanti kita melihatnya secara langsung saat RIM meluncurkannya pada 30 Januari mendatang. Saat itulah kita baru bisa melihat bagaimana respon konsumen terhadap BlackBerry 10.

Namun memang jika hanya melihat tayangan video yang dibuat Telekom Presse ini, maka kita bisa mengatakan bahwa OS baru yang dikembangkan RIM tersebut nampak cukup mengesankan. Berikut ini kami tampilkan video yang memperlihatkan bagaimana BlackBerry Z10 ‘diadu’ dengan iPhone 5:

Seseorang yang menyembunyikan identitasnya mengirimkan bocoran harga tersebut ke salah satu media yaitu Engadget. Bocoran tersebut menapilkan gambar dari database Carphone Warehouse berisi harga BlackBerry Z10.


Harga BlackBerry Z10 seperti tertampil di foto tersebut memperlihatkan bandrol 480 Poundsterling atau jika dirupiahkan dengan kurs 1 Poundsterling sama dengan Rp. 15.500 maka harga BlackBerry Z10 setara RP. 7.440.000.

Harga tersebut kemungkinan untuk BlackBerry Z10 versi terendah yaitu versi 16 GB. Belum jelas apakah harga tersebut akan menjadi harga final untuk BlackBerry Z10 saat dilaunching RIM nanti.
Seperti diketahui, bocoran spesifikasi BlackBerry Z10 beberapa kali terekspos oleh media. Beberapa diantaranya ialah prosesor dual core, RAM 2 GB, layar 4.2 inch, memori internal 16 GB plus slot microSD, Kamera 8 mega piksel dan kamera depan 2 mega piksel.Namun sebagai perbandingan yang simpel saja, iPhone 5 versi terendahnya (memori 16 GB) berharga sekitar 7.9 juta rupiah, Galaxy S3 harganya sekitar 5.9 juta rupiah. Maka harga BlackBerry Z10 tersebut masuk kategori high end karena hampir menyamai harga iPhone 5.

Namun bocoran diatas masih belum bisa terbukti 100% benar. Berharap saja RIM pada saat launching nanti membandrol harga BlackBerry Z10 lebih murah agar bisa lebih terjangkau bagi konsumen.


No comments:

Post a Comment